Cara Merawat dan Melatih Anjing Tekel

Anjing adalah hewan yang sangat setia pada majikannya. Menyanyangi, melatih, dan merawatnya dengan sepenuh hati, membuat anjing kesayangan anda menjadi setia, patuh, pintar, dan semakin mempesona. Memiliki anjing bagi beberapa orang sangatlah menarik. Karena bagi para pecinta anjing seperti saya, anjing bukanlah semata-mata hewan peliharaan namun juga merupakan bagian dari keluarga.
Namun apakah seindah dan semudah itu memiliki seekor anjing? Sudah barang tentu tidak. Ya, memiliki dan memelihara seekor anjing tidaklah mudah. Terutama dalam hal perawatannya. Apalagi dengan kondisi kita yang berada di Indonesia, yang dimana sebagian besar wilayahnya merupakan daerah tropis yang cenderung panas, memelihara anjing tentu lebih memerlukan perhatian yang serba ekstra. Belum lagi bagi mereka para pecinta jenis anjing yang berbulu panjang. Wow… pada saat musim panas, siap-siap saja untuk menghadapi badai bulu ( doggie hair storm). Memelihara anjing merupakan salah satu hobi yang dapat menghilangkan stress, karena anjing merupakan binatang yang lucu serta setiap individunya memiliki kepribadian yang unik.
Memelihara anjing memang kelihatan repot, karena kecenderungan orang lebih gemar memelihara anjing yang berukuran besar atau anjing kecil yang berbulu lebat. Padahal kita tahu, bahwa banyak sekali jenis pilihan anjing ras. Maka untuk mengantisipasi kerepotan tersebut, sekarang ini orang lebih memilih untuk memelihara anjing yang kecil, berbulu pendek, serta tidak terlalu ribut, seperti chihuahua & mini pinscher, atau jenis anjing tekel contohnya.

Jika anda memutuskan untuk memelihara anjing, maka perlu meluangkan waktu untuk merawatnya. Perawatan terhadap anjing sangat mudah dilakukan, meliputi pemberian nutrisi yang tepat, vaksin, latihan, serta perawatan tubuh.

Perlu diketahui, bahwa anjing ras murni memiliki daya tahan tubuh yang tidak sekuat daya tahan tubuh anjing campuran. Oleh karena itu perlunya perawatan yang teliti untuk memperkuat daya tahan tubuh anjing terhadap berbagai penyakit yang dapat berakibat fatal bagi kesehatannya, yaitu dengan cara divaksin secara teratur sesuai aturannya. Namun vaksin tidak menjamin anjing tersebut tidak akan terjangkit penyakit.
Selain mengerti tentang silsilah anjing, kita pun harus memahami tentang kondisi fisik anjing, apakah dia jenis anjing berbadan besar, sedang atau jenis anjing berbadan kecil ( Toys). Disamping itu, pemahaman tentang kondisi bulu juga sangat diperlukan. Sudah tentu kita harus memberikan perhatian lebih pada jenis anjing berbulu panjang.

Setelah kita memahami jenis dan silsilah anjing, maka yang berikutnya adalah metode perawatan tubuh anjing. Untuk itu silahkan simak beberapa langkah berikut.
PERAWATAN TUBUH bisa anda lakukan di rumah, misalnya dengan:
- Periksa dan bersihkan bagian wajah anjing mulai dari mata, telinga, hidung, dan mulut.
- Bersihkan gigi geligi anjing dengan sikat gigi.
- Potong kuku anjing yang sudah panjang, tetapi jangan sampai memotong pembuluh darah kuku anjing (bagian yang tampak lebih terang).
Memotong kuku anjing merupakan hal yang sangat menyenangkan jika si anjing dapat berbaring atau duduk dengan manis tapi sebagian besar anjing sangat tidak menyukai kukunya dipotong terutama anjing yang pernah mengalami kesakitan atau pendarahan pada saat kukunya dipotong. Ada anjing yang hanya menarik kakinya atau berontak pada saat kukunya ingin dipotong tapi ada juga anjing yang akan menggigit begitu kukunya akan dipotong.

Ada baiknya kita melatih anjing sedini mungkin agar anjing tidak sulit untuk dipotong kukunya. Memotong kuku adalah kegiatan rutin seumur anjing itu hidup. Pastinya anda tidak mau mengalami kesulitan setiap kali ingin memotong kuku anjing anda. Kuku anjing mulai dipotong sejak usianya mencapai 1 minggu, pemotongan kuku pada usia 1 minggu untuk menghindarkan bayi anjing melukai area sekitar puting susu induk pada saat bayi anjing sedang menyusui. Hal ini agar anjing terbiasa sehingga anda tidak mengalami kesulitan dikemudian hari. Berikan pujian atau makanan ringan kesukaannya setelah selesai acara pemotongan kuku.
- Membersihkan bulu anjing dari kotoran dengan menyisir / menyikat bulu anjing dan membentuk model bulu anjing yang kita inginkan.
- Memandikan anjing dan mengeringkan bulu anjing.

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s