Cara Melatih dan Merawat Anjing Pitbull


memerlukan kesabaran, kejelasan tujuan dan bekal pengetahuan yang cukup agar tidak salah pilih. Membawa pulang anakan yang salah tentu akan menimbulkan banyak persoalan di rumah kita.

Khususnya pada jenis ras American Pit Bull Terrier (APBT), kita harus lebih ekstra hati-hati dalam memilih. APBT selama bertahun-tahun dikembangkan menjadi anjing yang sangat kuat dengan sifat pantang menyerah. Memilih anakan Pit Bull dengan temperamen yang salah, sama dengan menghadirkan monster di tengah keluarga kita. Anakan Pit Bull berusia 3-4 bulan terlihat masih lucu. Tapi ketika dia sudah mulai menginjak usia dua tahun, sifat-sifat negatif yang tadinya tidak terlalu mengganggu akan membawa kerusakan yang merepotkan.

FAKTOR PENTING MEMILIH ANAKAN

Lalu hal-hal apa yang penting untuk diperhatikan ketika kita memilih anakan Pit Bull?

Ada tiga hal yang paling penting dalam memilih Pitbull, pertama adalah temperamen, kedua juga temperamen, dan ketiga baru perhatikan proporsi anatomi.

Temperamen adalah sifat atau reaksi individual setiap APBT dalam merespon sesuatu atau ransangan yang dia dapat dari luar. Contohnya, setiap APBT berusia empat bulan akan memberikan reaksi yang berbeda ketika didekati orang yang asing baginya. Ada yang mendekat dan mengajak bermain, pergi menjauh, melakukan obervasi singkat kemudian pergi, atau bersembunyi dibalik pemilik atau ditempat yang aman.

Temperamen dibentuk oleh dua faktor penentu: faktor genetika yang diturunkan oleh induk dan pejantannya, dan faktor pendidikan yang membentuk perilaku semenjak dia kecil. Keduanya sangat penting untuk diperhatikan.
Untuk mengetahui sifat yang diturunkan oleh kedua orang tuanya, kita bisa menanyakannya kepada pihak pemilik atau pembiak. Pembiak atau breeder yang baik akan memberikan informasi secara jujur kepada calon keluarga anakan. Pitbull yang punya riwayat agresif terhadap manusia dilarang untuk dikawinkan karena kemungkinan akan menurunkan sifat yang sama.

Cara dan pendekatan yang baik, juga harus digunakan oleh pihak pembiak untuk menghasikan anakan dengan temperamen yang baik. Anakan yang selalu berada dalam kandang, akan mempunyai temperamen yang berbeda dengan anakan yang Sering diajak bermain dengan bebas di uar kandang. Perhatikan baik-baik cara pembiak dalam memperlakukan anakannya.

TEMPERAMEN PENTING PADA SEEKOR PIT BULL

Tidak Pemalu Dan Percaya Diri

Pit Bull dengan kepercayaan diri yang baik akan dengan mudah bersosialisasi dengan orang asing dan tidak merasa takut. Perhatikan posisi ekor ketika anakan berinteraksi dengan kita. Posisis ekor yang baik adalah yang selalu bergoyang dengan riangnya. Ujilah anakan dengan membawanya keluar dari sarang. Pit Bull yang percaya diri akan tetap stabil di lingkungan yang asing. Jika awalnya takut, dia akan segera beradaptasi dengan baik. Ada banyak cara yang digunakan untuk menguji rasa percaya diri ini.

Bersahabat Dekat Dengan Manusia

Anakan yang baik adalah mereka yang merasa nyaman di dekat kita. Pilihlah anakan yang suka berlama-lama dan menikmati sentuhan kita. Ketika kita sentuh atau belai, dia akan menggoyang-goyangkan ekornya. Anakan yang merasa nyaman berada dekat kita cenderung juga punya percaya diri yang baik dan stabil. Segera tinggalkan anakan yang ketika dibawa keluar kandang, dia selalu berusaha balik ke kandang atau induknya mencari perlindungan.

Menyukai Mainan

Pilih juga anakan Pit Bull yang menyukai mainan. Ini penting terutama untuk APBT yang nantinya akan masuk dunia karya guna. Melatih Pit Bull yang menyukai mainan akan lebih mudah dan lebih stabil. Cara menguji yang paling mudah adalah dengan memainkan bola di dekatnya atau dengan menggoyang-gayangkan kain. Perhatikan reaksinya dengan seksama.

Submisif Terhadap Manusia

Pit Bull yang baik juga Pit Bull yang tunduk terhadap manusia. Ketundukan ini bukan akibat dari tekanan atau ketakutan, tapi dari keinginan Pit Bull itu sendiri untuk menyenangkan masternya. Jangan memilih anakan yang terlihat cemas atau takut ketika berinteraksi dengan kita.

HAL-HAL PENTING LAINNYA

Hal lain yang penting ketika memilih dan mendidik anakan Pit Bull adalah:

Dapatkan Pit Bull dari pembiak yang baik. Pembiak yang baik seharusnya akan berterus terang dengan kondisi setiap sifat anakan yang dimilki. Pembiak juga akan dengan baik dan jujur menceritakan kondisi sifat dan temperamen indukan dan pejantan. Hindari pembiak yang terlihat “mengejar setoran” dengan cara melahirkan anakan secara agresif dan terus menerus. Pembiakan secara agresif cenderung mengabaikan sifat kehati-hatian dalam pengembangan. Pilihlah pembiak yang melakukan pembiakan dengan sabar, hati-hati dan cermat.
Anakan Pit Bull harus mendapatkan aktifitas fisik dan sosialisasi yang cukup dengan lingkungannya. Anakan harus terbiasa bertemu dengan orang-orang atau binatang asing baik di dalam atau di luar lingkungan rumah.
Jangan tinggalkan anak kita yang masih kecil dengan anakan Pit Bull atau Pit Bull dewasa tanpa pengawasan. Gerakan Pit Bull yang massif dapat mencederai anak tanpa disengaja.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s